10 Alat Riset Kata Kunci Gratis (Selain Google Keyword Planner)
COBLEXA - Ingin menemukan kata kunci pemenang untuk ditargetkan tetapi tidak memiliki anggaran untuk alat berbayar?
Google Keyword Planner dulu sangat bagus untuk ini. Anda dapat memasukkan kata kunci 'seed' dan melihat banyak saran kata kunci, ditambah volume pencarian.
Tetapi Google sejak itu membatasi angka-angka ini ke rentang
Salah satu solusinya adalah menggunakan alat seperti Penjelajah Kata Kunci Coblexa yang menunjukkan volume pencarian aktual dan banyak metrik SEO lainnya.
Tetapi bagaimana jika Anda memulai dan tidak dapat membenarkan membayar untuk alat SEO apa pun?
Berikut adalah beberapa alat kata kunci gratis untuk membantu memulai SEO Anda dengan investasi nol:
Mari selidiki lebih dalam masing-masing alat ini.
6. Keyworddit
Keyworddit adalah alat unik yang menarik ide kata kunci dari Reddit. Masukkan subreddit, dan itu akan menambang judul dan komentar utas untuk menemukan hingga 500 kata kunci.
Alat ini adalah titik awal yang fantastis jika Anda tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang niche.
Misalnya, jika Anda ingin memulai blog tentang diet paleo tetapi tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut, ambil ide dari /r/paleo.
Ini memberi tahu Anda bahwa pelaku diet paleo peduli tentang hal-hal seperti:
- Makanan rendah karbohidrat;
- Resep slow cooker;
- Produk yang diberi makan rumput;
- Dll.
Ini juga memberi tahu Anda jenis bahasa apa yang mereka gunakan untuk menggambarkan hal-hal seperti itu.
Di luar gagasan, alat ini menarik perkiraan volume pencarian bulanan AS untuk setiap kata kunci. Itu membantu memberi Anda gambaran tentang popularitas setiap subtopik.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kata kunci, tekan tautan "Konteks" untuk menarik utas di Google tempat kata kunci itu berasal.
7. Google Search Console
Google Search Console membantu Anda melacak kinerja situs web Anda dalam pencarian organik. Ini berarti menunjukkan banyak data tentang kata kunci yang sudah Anda rangking.
Misalnya, lihat laporan “Hasil penelusuran” dari akun kami. Ini menunjukkan kata kunci yang telah mengirimkan lalu lintas terbanyak ke Blog Coblexa selama tiga bulan terakhir.
Mari kita juga mengaktifkan kolom “Posisi rata-rata” dan “RKT Rata-rata”. Ini menunjukkan posisi peringkat rata-rata setiap kata kunci dan rasio klik-tayang.
Anda bisa mendapatkan banyak wawasan berguna dari laporan ini.
Misalnya, Anda mendapatkan banyak lalu lintas dari kata kunci meskipun peringkat di posisi 3–10. Anda mungkin ingin fokus pada peringkat yang lebih tinggi untuk itu daripada menargetkan kata kunci baru.
Jika RKPT Anda rendah meskipun peringkatnya tinggi, halaman Anda mungkin kurang menarik dalam hasil pencarian. Anda sering dapat memperbaikinya dengan meningkatkan tag judul atau deskripsi meta Anda.
Tapi bagaimana dengan menemukan kata kunci baru?
Urutkan laporan menurut RKT dari rendah ke tinggi. Ini sering kali mengungkap kata kunci yang Anda rangking tetapi tidak pernah ditargetkan. Jika salah satu dari ini memiliki banyak tayangan dan rasio klik-tayang yang rendah, ada baiknya menargetkan kata kunci tersebut dengan halaman baru.
Misalnya, kami berada di peringkat 8 untuk “orang yang paling banyak dicari di Google”.
Halaman yang memberi peringkat untuk kata kunci ini adalah daftar 100 pencarian Google teratas kami.
Ini hanya hasil semi-relevan untuk kata kunci ini. Kami mungkin mendapat peringkat lebih tinggi dengan posting blog tentang orang-orang yang paling banyak dicari di Google, bukan hal-hal.
Rekomendasi Bacaan : 8 Film dan Serial Keamanan Siber yang Wajib Ditonton
8. Questiondb
Questiondb menemukan pertanyaan yang diajukan orang tentang topik tertentu. Ini menarik ini dari database 48 juta pertanyaan yang bersumber dari Reddit.
CATATAN. Ada rencana untuk memperluas sumber data di masa depan.
Pertanyaan diurutkan berdasarkan popularitas, tetapi Anda juga dapat mengurutkan berdasarkan topik. Ini adalah fitur yang sangat berguna karena juga mengelompokkan pertanyaan.
Misalnya, mari kita cari "bubuk protein" dan urutkan berdasarkan topik. Semua pertanyaan tentang bubuk protein vegan sekarang dikelompokkan bersama.
Hal yang sama berlaku untuk bubuk protein keto:
Ini berguna saat menulis posting blog, karena membantu Anda memahami pertanyaan mana yang harus dijawab.
Berbicara tentang jawaban, jika Anda mencentang kotak "Tampilkan tautan sumber", tautan yang dapat diklik akan muncul di sebelah setiap pertanyaan. Ini membawa Anda ke utas itu sendiri.
Jika Anda menelusuri komentar, Anda sering dapat menemukan jawaban dengan cepat, yang mempercepat penelitian konten.
Semua pertanyaan dapat diekspor ke CSV dengan satu sentuhan tombol.
9. Bulk Keyword Generator
Bulk Keyword Generator adalah alat penelitian kata kunci untuk SEO lokal. Ini menghasilkan kata kunci berdasarkan jenis industri.
Untuk memulai, ikuti langkah 1 dan pilih jenis bisnis dari tarik-turun.
Anda kemudian akan melihat daftar kata kunci yang relevan dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan.
Misalnya, mari kita tetapkan "tukang ledeng" sebagai jenis bisnis. Kami melihat pertanyaan seperti pemasangan air panas, pemasangan gas, pembersihan saluran pembuangan, dan pelapisan ulang saluran.
Sekarang, sebagian besar bisnis yang menawarkan layanan ini akan menyebutkannya di situs web mereka. Tetapi banyak yang gagal membuat atau mengoptimalkan halaman individual untuk kueri jenis layanan ini.
Sebagai ilustrasi, lihat beranda perusahaan pipa ledeng ini:
Ini menyatakan bahwa mereka menawarkan layanan pelapisan ulang saluran, namun mereka tidak memiliki halaman tentang layanan ini. Akibatnya, mereka diungguli oleh mereka yang melakukannya.
Pada langkah 2, alat menambahkan layanan yang dipilih dengan lokasi (mis., London).
Namun, ini tidak terlalu berguna karena tidak mencerminkan cara orang benar-benar mencari.
Misalnya, sebagian besar warga London tidak akan menelusuri "layanan pelapisan ulang saluran pembuangan di London". Mereka akan mencari "saluran pelapis saluran" atau "layanan pelapis saluran". Google menyajikan hasil lokal dengan cara apa pun, dan yang terakhir lebih cepat.
Ini juga mengapa sering ada sedikit atau tidak ada volume untuk istilah seperti itu di alat seperti Penjelajah Kata Kunci Coblexa.
Jadi, inilah ide yang lebih cerdas:
- Salin beberapa kata kunci jenis layanan dari alat yang berlaku untuk bisnis Anda;
- Tempel daftar mentah ke Perencana Kata Kunci Google;
- Atur lokasi ke kota atau area yang relevan.
Misalnya, ketik "drain relining" ke Keyword Planner dan atur lokasinya ke Nottingham. Ada 10–100 pencarian bulanan.
10. Google
Google mungkin adalah alat penelitian kata kunci yang paling kuat di planet ini.
Ada fitur pelengkapan otomatis untuk menghasilkan jumlah ide kata kunci yang hampir tak terbatas. Tapi itu hanya puncak gunung es ketika menggunakan Google untuk penelitian kata kunci.
Sebagai permulaan, perhatikan kotak "Orang juga bertanya" yang muncul untuk beberapa pencarian.
Ini adalah pertanyaan yang Google tahu ditanyakan oleh pencari dan ingin tahu jawabannya.
Dan inilah trik cepatnya:
Klik salah satu pertanyaan ini, dan Google akan memuat lebih banyak lagi.
Terus lakukan ini, dan Anda dapat menghasilkan daftar pertanyaan yang hampir tak terbatas yang diajukan orang.
Tetapi penggunaan Google sebagai alat penelitian kata kunci tidak berakhir di situ.
Katakanlah ada kata kunci yang ingin Anda rangking. Ada banyak faktor yang berperan dalam hal SEO, tetapi satu hal yang pasti:
Jika Anda ingin memberi peringkat, maka konten Anda harus selaras dengan maksud pencarian.
Dengan kata lain, jangan mencoba memberi peringkat beranda gym untuk pertanyaan seperti, “bagaimana cara menurunkan berat badan?”
Orang yang melakukan penelusuran tersebut tidak dalam mode pembelian. Mereka dalam mode belajar.
Google adalah teman terbaik Anda dalam hal memahami maksud pencarian. Lihat saja hasil pencarian dan keberadaan fitur SERP.
Misalnya, bayangkan bahwa kami adalah alat pemasaran email dan ingin menentukan peringkat untuk "pemasaran email".
Melihat hasil pencarian untuk kueri itu, kami melihat dua hal:
Pertama, ada cuplikan unggulan.
Ini hampir selalu merupakan tanda niat informasi. Penelusur sedang dalam mode belajar dan ingin melihat posting dan panduan blog, bukan halaman produk.
Kedua, ada beberapa panduan pemula.
Itu memberi tahu kita bahwa sebagian besar pencari adalah pemula pemasaran email yang ingin mempelajari dasar-dasar pemasaran email.
Jadi, itulah yang harus kita buat jika ingin menentukan peringkat untuk kata kunci ini.
Sekarang, jika kita mencari sesuatu yang sama sekali berbeda seperti "pakaian", kita melihat yang sebaliknya:
Semua hasilnya adalah halaman produk atau kategori e-niaga, dan Google bahkan menampilkan iklan belanja.
Ini memberitahu kita bahwa pencari sedang dalam mode pembelian.
Intinya? Jangan mengabaikan Google sebagai alat penelitian kata kunci. Riset kata kunci lebih dari sekadar menemukan kata kunci. Ini tentang memahami siapa yang mencari mereka dan apa yang ingin mereka lihat.
Alat kata kunci gratis vs. berbayar: bagaimana perbandingannya?
Sederhana: alat kata kunci gratis terbatas dibandingkan dengan alat berbayar.
Itu tidak berarti bahwa alat gratis tidak memiliki kegunaannya. Tetapi jumlah ide kata kunci dan data yang mereka berikan aksesnya akan selalu sedikit dibandingkan dengan alat berbayar.
Karena itu, alat berbayar memungkinkan Anda melangkah lebih dalam dan melakukan riset pemasaran yang lebih maju.
Pendapat Terakhir
Jika anda masih belum memiliki modal untuk menggunakan alat riset kata kunci yang berbayar, anda bisa menggunakan terlebih dahulu alat riset kata kunci yang gratis.
Akan tetapi jika anda sudah memiliki modal untuk menggunakan alat riset kata kunci dan sudah bisa menggunakan alat risetnya secara efisien. Menggunakan alat riset yang berbayar patut kalian pertimbangkan untuk meningkatkan traffic kunjungan blog anda.